Bagaimana Cara Daftar Domain Website

Bagaimana Cara Daftar Domain Website

Bagaimana Cara Daftar Domain untuk website Anda? Jika Anda memiliki situs web, Anda seharusnya serius mempertimbangkan mendaftarkan nama domain Anda sendiri. Sebuah nama domain adalah nama seperti “bagaimana.web.id” atau “immersa-lab.com“, yang dapat Anda gunakan untuk merujuk ke website Anda. Anda tidak perlu menjadi sebuah perusahaan atau organisasi untuk mendaftarkan nama domain. Setiap individu dapat melakukannya.

Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara daftar domain untuk website Anda. Sebelum itu baca juga tips tentang Bagaimana Cara Memilih Nama Domain Website.

Pentingnya Nama Domain

Ada sejumlah alasan kenapa Anda perlu memiliki nama domain:

Jika Anda mengubah hosting web Anda, nama domain Anda ikut dengan Anda. Pengunjung atau pelanggan yang tahu nama situs Anda sebagai immersa-lab.com (misalnya) tidak harus diberitahu tentang perubahan alamat web (juga dikenal sebagai “URL”). Mereka akan cukup ketik nama domain Anda dan mereka akan dibawa ke situs baru Anda.

Jika Anda berada di dunia bisnis, nama domain memberi Anda kredibilitas. Di era global saat ini, kebanyakan orang akan ragu untuk melakukan bisnis dengan perusahaan yang tidak memiliki nama domain sendiri.

Jika Anda mendapatkan nama domain yang menggambarkan bisnis atau nama perusahaan Anda, orang bisa mengingat nama itu dengan mudah dan bisa berkunjung ke situs Anda tanpa harus membuka catatan atau dokumen mereka. Bahkan, jika Anda mendapatkan nama yang bagus yang menggambarkan produk atau layanan Anda, Anda mungkin bahkan mendapatkan orang-orang yang mencoba peruntungan dengan mengetik “www.namaprodukkamu.com” di browser mereka.

Jika Anda ingin mengundang sponsor (pengiklan) untuk website Anda, nama domain biasanya membantu. Hal ini cenderung untuk memberikan website Anda aura kehormatan.

Sekilas Cara Daftar Domain

Cara daftar domain meliputi pendaftaran nama domain yang Anda inginkan kepada sebuah organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) melalui registrar nama domain. Misalnya, jika Anda memilih nama domain “contoh.com”, Anda harus ke registrar, membayar biaya pendaftaran yang biayanya sekitar Rp 100.000,- sampai Rp 500.000,- untuk nama domain tersebut, yang akan memberikan Anda hak untuk nama itu selama satu tahun, dan Anda harus memperbaharui setiap tahun dengan (biasanya) biaya yang sama per tahun.

Registrar akan mendaftarkan nama domain tersebut untuk Anda, dengan biaya registrasi dibebankan kepada Anda. Beberapa web hosting komersial banyak yang menawarkan pendaftaran nama domain dengan biaya gratis dengan syarat dan ketentuan seperti menyewa paket hosting dengan paket jangka waktu tertentu.

Nama-nama domain tertentu cepat sekali habis dibeli orang. Saya sering mendengar orang mengeluhkan bahwa semua nama domain yang bagus sudah habis. Saya ragu tentang hal itu – tapi itu mungkin saja benar terjadi bahwa nama domain yang sangat bagus yang deskriptif tentang produk dan jasa telah diambil orang lain. Jika Anda ingin membeli sebuah nama domain untuk situs Anda, saya sarankan Anda segera membelinya sekarang, atau Anda akan kecewa karena kehilangan nama itu nantinya. Dengan biaya kurang lebih Rp 100.000,- untuk kepemilikan satu tahun dari nama domain tersebut akan terasa cukup murah ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang mengambil nama domain yang bagus untuk website Anda.

Langkah Petunjuk Cara Daftar Domain

Cara Daftar DomainJika Anda ingin mendaftarkan nama domain, inilah yang perlu Anda lakukan. Silahkan baca semuanya sebelum bertindak.

Pikirkan beberapa nama domain yang bagus yang ingin Anda gunakan. Jangan hanya memikirkan satu nama domain saja karena mungkin saja nama domain yang Anda inginkan sudah diambil orang lain. Anda dapat menemukan beberapa tips dalam memilih nama domain dari artikel saya sebelumnya, tips bagaimana cara memilih nama domain.

Mungkin Anda akan memerlukan kartu kredit atau akun PayPal untuk membayar nama domain, jika Anda membelinya melalui registrar luar negeri. Namun jika Anda membelinya melalui registrar dalam negeri, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer bank.

Jika Anda sudah memiliki web hosting, Anda bisa melihat informasi dari web hosting Anda berupa informasi nameserver primer dan informasi nameserver sekunder. Jangan khawatir jika Anda tidak mengerti apa artinya semua itu. Informasi ini biasanya dapat diperoleh dari FAQ atau dokumentasi lain di situs web hosting Anda, biasanya berada di dalam kategori seperti “nama domain” atau “DNS” atau “transfer nama domain” dan sejenisnya. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa email mereka. Anda akan memerlukan informasi itu untuk mengarahkan nama domain Anda ke web hosting situs web Anda setelah Anda membeli domain tersebut. Jangan khawatir jika Anda belum memiliki web host. Teruslah membaca. 🙂

Jika Anda belum memiliki web host, Anda dapat meminta registrar Anda untuk memarkirkan nama domain Anda di situs sementara yang khusus diatur untuk Anda. Dengan cara ini Anda dapat dengan cepat mengamankan nama domain Anda sebelum terlambat dan masih memiliki waktu luang untuk Anda mempersiapkan aspek-aspek lain dari situs Anda. Sejauh yang saya tahu, kebanyakan registrar (atau mungkin semua) secara otomatis memarkir nama domain Anda secara default apakah Anda meminta mereka atau tidak, jadi jika Anda dalam situasi ini, Anda mungkin tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengatasinya. Beberapa dari registrar juga menyediakan untuk Anda alamat email gratis di nama domain Anda sendiri ketika sedang diparkir di situs mereka, seperti admin@contoh.com (dimana “contoh.com” adalah nama domain Anda).

Daftar Registrar Nama Domain

Ada banyak registrar nama domain. Di bawah ini adalah hanya beberapa registrar nama domain. Perhatikan bahwa industri nama domain sangat kompetitif, dengan harga yang berfluktuasi sepanjang tahun, setiap tahun, sehingga tidak mungkin untuk benar-benar menyebutkan harga akurat di artikel ini kecuali saya menghabiskan seluruh waktu saya memperbarui halaman ini. Silakan periksa situs mereka untuk harga terbaru.

Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, sejumlah web host komersial akan memberikan nama domain gratis jika Anda hosting dengan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here