Bagaimana Tips Memilih Sepatu Hiking

Bagaimana Tips Memilih Sepatu Hiking

Bagaimana tips memilih sepatu hiking? Sepatu hiking saat ini semakin banyak dicari oleh para pecinta kegiatan mendaki gunung. Sesuai dengan namanya sepatu hiking merupakan sepatu yang digunakan untuk kegiatan mendaki gunung atau hiking. Sebenarnya, penggunaan sepatu ini tidak hanya terbatas pada kegiatan yang berkaitan dengan gunung saja tetapi juga aktivitas outdoor yang lain sehingga tidak heran jika sepatu hiking juga dikenal sebagai sepatu outdoor.

Kegiatan mendaki gunung memang tidak bisa jika memakai sepatu yang biasa-biasa saja karena sepatu biasa tidak mampu melindungi kaki secara optimal dan cepat rusak jika digunakan untuk mendaki. Sepatu hiking memiliki standar atau kriteria sendiri agar dapat digunakan dengan nyaman saat kegiatan pendakian. Bagi Anda yang ingin membeli sepatu hiking, berikut ini beberapa tips memilih sepatu hiking untuk membantu Anda memilih sepatu yang baik dan sesuai dengan standar.

Sol Sepatu Bergerigi

Hal utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sepatu hiking bukanlah modelnya melainkan sol sepatu tersebut. Pastikan sol sepatu tersebut memiliki gerigi yang dapat digunakan sebagai pijakan kaki agar tidak mudah terpeleset saat melewati bebatuan, jalan yang licin, dan juga kawasan yang berpasir. Anda dapat menanyakan hal ini kepada penjual sepatu hiking apakah sepatu yang dijual memiliki sol yang bergerigi atau tidak sebelum membelinya.

Tinggi Sepatu Melebihi Mata Kaki

Pilihlah sepatu hiking yang tingginya di atas mata kaki. Hal ini berfungsi untuk membantu menghindari agar kaki tidak mudah lecet saat menaklukan medan yang berat. Selain itu sepatu yang tingginya di atas mata kaki juga akan membuat mata kaki terasa lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Bahan Kulit

Tips memilih sepatu hiking lainnya adalah pilihlah sepatu hiking yang terbuat dari bahan kulit asli atau bahan kulit sintetis. Bahan ini selain berkualitas juga kuat dan tahan lama. Namun, Anda harus rajin merawatnya agar lebih awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Demikian bagaimana tips memilih sepatu hiking yang nyaman dan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here