Bagaimana Cara Kerja Motherboard

0
123
Cara Kerja Motherboard

Cara Kerja Motherboard

Bagaimanakah cara kerja motherboard? sebelum kita mengetahui cara kerja motherboard, kita harus tahu dulu apa itu motherboard? Apa fungsi motherboard?

Pengertian Motherboard

Motherboard? dari kata nya saja kalian pasti udah agak sedikit kenal. Yah kita kenal dengan kata ‘mother’ , itu juga bersangkutan dengan arti dari motherboard.

Motherboard adalah papan induk atau mainboard yang dimana semua perangkat device dipasang di slot tertentu. Semua peripheral yang terkoneksi itu akan menjadi sebuah sistem  komputer yang utuh.

Fungsi dari Motherboard
Apa fungsi motherboard?
Motherboard berfungsi sebagai penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Jadi Motherboard disini bertanggung jawab untuk menghubungkan bahasa kode dari perangkat keras yanag akan di sinergikan menjadi perangkat komputer. Contohnya motherboard menghubungkan beberapa perangkat keras seperti : RAM, processor, hardisk, power supply, printer, dll.

Cara kerja motherboard
Bagaimakah cara kerja motherboard?
Motherboard merupakan komponen satu-satunya tempaat utama yang menghubungkan antara satu perangkat keras dengan perangkat lainnya. Motherboard ini dapat di ibaratkan sebagai sistem saraf dalam tubuh kita yang memiliki kemampuan untuk mengangkut dalam berbagai jenis data. Motherboard juga menghubungkan dari sejumlah perangkat, namun fungsi utama dari motherboard hanya untuk menghubungkan CPU ‘processor’ dengan bagian yang lainnya di komputer.
Dalam motherboard untuk menghubungkan berbagai dari jenis processor itu ada 2 jembatan utama .

Jenis-jenis Motherboard

Berikut adalah jenis-jenis motherboard :

  1. Motherboard AT Baby/AT
    motherboaard jenis ini merupakan tipe komputer utama yang masih menggunakan dengan format 386 dan 486. Kemudian format ini di rubah menjadi tipe ATX yaitu dengan tujuan untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.
  2. Motherboard ATX
    Motherboard jenis ini juga bisa dirubah menjadi motherboard AT baby, jika ingin mudah dalam pemakaiannya. Dan kalian juga dapat memasukan perangkat peripheral yaitu seperti konnektor IDE yang terpasang di samping disk. Motherboard ATX ini di bagi menjadi beberapa kaategori seperti Micro ATX, Standar ATX, Nano ATX, Mini ATX, dan Pico-ATX.
  3. Motherboard BTX
    Agar kompatible jadi motherboard jenis ini di buat dengan produk intel sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, pengendalian panas serta akustik.
  4. Motherboard ITX
    Jenis motherboard ini adalah tipe mobo yang sudah menggunakan Technologi informasi extended, yang dimana itu sangat kompotible dan menggunakan format VIA sehingga cocok untuk PC. Ada 2 jenis Mobo yaitu mini-ITX atau Nano-ITX.

Demikianlah sekilas tentang cara kerja motherboard, semoga bermanfa’at dan Terima kasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here