Bagaimana cara membuat brosur yang baik? Pertanyaan semacam ini kerap dipertanyakan oleh beberapa orang ketika ingin menyelesaikan keperluannya. Brosur adalah sebuah media promosi berbentuk lembaran kertas untuk dibagikan.
Ada banyak sekali jenisnya terkait penyampaian informasinya, misalnya seperti jasa, acara, atau produk. Lembarannya berisikan gambaran, grafis, serta teks yang menarik agar pembaca tertarik untuk melihat isi informasinya.
Mengetahui bagaimana cara membuat brosur yang baik tentu akan mempermudah seseorang dalam mencapai pesannya secara efektif. Dengan demikian, informasi di dalamnya menarik minat pembaca untuk melihat isinya.
Syarat-Syarat untuk Membuat Brosur Agar Efektif
Sebelum membahas lebih jauh terkait bagaimana cara membuat brosur yang baik. Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja syarat-syaratnya agar dapat memenuhi kualitasnya dengan baik, tak hanya memperkenal produknya saja.
Hal pertama dan harus diperhatikan ialah informasinya, singkat namun tetap informatif. Sebagai media promosi tentunya harus menunjukkan pesan singkat secara langsung kepada para pelanggannya berdasarkan inti pesannya.
Jangan lupa untuk menyebutkan manfaat jika pelanggan memakai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apabila menampilkan detail manfaatnya ini, tentu semakin menarik calon konsumen lewat penawarannya.
Buatlah kalimat ajakan, tujuannya guna memberikan pengaruh terhadap pembaca. Misalnya ialah memakai kalimat “Pesan sekarang juga untuk dapatkan diskonnya!”, Beli sekarang, persediaan terbatas!”, atau “Beli 2 pcs, gratis body lotion”.
Selain itu, ada juga syarat-syarat lain dan harus terpenuhi seperti memuat informasi relevan. Maksudnya ialah penyampaian informasi wajib sesuai dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen.
Contohnya memberikan nomor telepon, informasi sosial media, atau alamat email. Tujuannya supaya membuat calon pelanggan mengetahui bagaimana cara menghubungi Anda ketika merasa tertarik untuk membeli produk atau jasanya.
Ketahui Bagaimana Cara Membuat Brosur yang Baik
Adapun, banyak jenis brosur yang bisa ditemukan saat ini seperti leaflet, booklet, poster, dan folder. Salah satunya brosur perusahaan berbentuk lembaran kertas berisikan informasi perusahaan, produk, visi, misi, profil perusahaan.
Brosur banyak dipakai orang-orang guna mengiklankan suatu barang maupun produk lewat informasi yang ingin disampaikan di dalamnya. Bagaimana cara membuat brosur yang baik? berikut akan dijelaskan terkait lengkah-langkahnya, simak informasinya:
1. Pahami keinginan konsumen
Penting sekali memahami keinginan konsumen sebelum menghabiskan isi dalam satu lembarannya. Bicaralah dengan pelanggan Anda untuk membantu menulisan isi informasi ketika ditampilkan pada brosur tersebut.
2. Pakai gambar penting
Konsumen ingin mendapatkan produk yang Anda jual dari hasil gambar. Pastikan gambarnya terlihat jelas juga professional, gunakan saja gambar penting untuk dimasukkan ke dalam lembarannya.
3. Menjual atau sell
Pelanggan tidak begitu tertarik dengan perusahaan maupun produk yang Anda punya. Jangan beritahu informasi terkait itu, namun dapatkan perhatian pelanggan dengan berfokus pada manfaat jika sudah membeli produknya.
4. Judul dan gambar menarik
Biasanya, rata-rata pembaca hanya dalam waktu singkat selama 5 detik. Gunakan waktu singkat itu untuk menarik minat pelanggan melalui judul atau gambar yang ditampilkan sehingga tak terlihat monoton atau membosankan.
5. Tampak professional
Jangan buat tata letak membingungkan pembaca, seperti kebanyakan font berbeda atau terlalu banyak warna. Sehingga, membuat brosur Anda terlihat tidak professional bahkan tidak menggambarkan brosur yang baik.
Beberapa langkah di atas bisa Anda terapkan untuk membuat brosur menarik perhatian pelanggan. Ikuti langkah-langkah bagaimana cara membuat brosur yang baik, informasi harus jelas dan lugas, menarik namun terlihat professional.