Bagaimana Cara Memilih Hosting Provider Yang Tepat

0
316
Bagaimana Cara Memilih Hosting Provider Yang Tepat

Bagaimana cara memilih hosting / cloud service provider yang tepat? Setelah sebelumnya kita membahas bagaimana cara kerja cloud computing, artikel ini akan membahas tentang cara memilih hosting cloud service provider. Saat kalian memutuskan menggunakan cloud computing, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih Hosting / Cloud Service Provider. Pastinya, ini bukanlah hal mudah, terlebih jika mengingat bahwa teknologi cloud computing sangat membutuhkan pengelolaan yang baik. Karena dengan manajemen yang baik tentunya akan memberikan performa yang maksimal.

Ada beberapa analisa yang sebaiknya kalian lakukan untuk memilih calon Cloud Service Provider yang akan ditunjuk, terkait fitur, reliabilitas, reputasi provider dan tentunya harga. Sudah tentu nantinya akan banyak variabel yang akan mempengaruhi beberapa hal tersebut, dan jelas ini merupakan hal yang kompleks untuk memilih Cloud Service Provider yang tepat, dikarenakan setiap provider pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun yang terpenting saat kalian memilih adalah Cloud Service Provider yang dipilih harus dapat mengakomodir kebutuhan dan dapat memberikan dukungan yang baik untuk setiap layanan yang diberikan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pada cara memilih hosting / cloud service provider, diantaranya:

1. Service Legal Agreement

Sebagus apapun fitur yang ditawarkan oleh Cloud Service Provider, belum menjadi jaminan untuk mendapatkan hasil yang baik. Segalanya akan kembali kepada komitmen service provider dalam melakukan tugasnya. Oleh karena itu perhatikan seperti apa service legal agreement yang ditawarkan, apa sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

2. Business Partner & Support

Terkadang ada beberapa hal yang kerap terjadi terkait aspek teknis maupun non-teknis. Sinergi antara Cloud Service Provider dan tim internal sangat penting, oleh sebab itu pastikan bahwa cloud provider ini memiliki kemampuan teknis dan kordinasi yang baik dalam memberikan support. Cloud Service Provider yang baik adalah provider yang memiliki expertise dan biasanya didukung oleh business partner yang memang sudah terbukti di bidangnya, sehingga mereka akan lebih piawai dalam memberikan bantuan.

3. Experience

Faktor ini tidak kalah penting dengan faktor-faktor lainnya. Cloud computing menggunakan resource IT yang sangat besar dan membutuhkan support yang reliable dan pengelolaan yang professional. Pastikan Cloud Service Provider yang dipilih adalah provider yang memiliki reputasi yang baik, berpengalaman dan memang sudah well-established.

4. Billing

Pastikan apakah Cloud Service Provider yang akan dipilih mampu memberikan akses untuk melakukan kontrol terhadap besaran pemakaian.

5. Security

Tentu kalian tidak menginginkan data kalian diakses oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu pastikan Cloud Service Provider yang akan kalian pilih memiliki mekanisme dalam menjaga data yang berada dalam infrastruktur cloud. Pastikan platform cloud yang digunakan telah dilengkapi sistem Secure Multy Tenance(SMT) untuk melindungi privasi data kalian selama berada dalam cloud infrastructure. Cloud Service Provider yang baik adalah yang telah mengacu pada standard ISO security, comply terhadap CSA, dan diaudit secara rutin. Cloud service provider juga harus mampu menyediakan layanan cloud dengan model private cloud. Hal ini berguna jika perusahaan kalian termasuk large enterprise yang sangat sensitif terhadap data security, sehingga membuat kalian harus mempunyai private cloud yang hanya dapat diakses secara internal dan tidak dapat diakses secara public.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here