Bagaimana Cara Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting Foto

0
268
Bagaimana Cara Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting Foto

Bagaimana cara menghemat baterai kamera? – Di zaman sekarang ini trend dan kepopuleran fotografi berkembang sangat cepat. Setiap orang selalu ingin mengabadikan moment-moment dalam hidupnya, seperti pemandangan, moment penting dalam hidup mereka, benda di sekitar mereka, kejadian di sekitar mereka, atau juga event kegiatan tertentu, bahkan ada yang dengan sengaja meluangkan waktu untuk hunting foto. Ditambah lagi dengan adanya social media, seperti Instagram aplikasi berbagi foto, setiap orang berusaha membuat foto terbaik untuk di-upload ke Instagram atau social media lainnya.

Tidak perlu menggunakan kamera DSLR, cukup dengan kamera compact atau kamera pada ponsel sudah memungkinkan membuat seseorang kecanduan untuk hunting foto. Bahkan membuat seseorang lupa diri dengan menghabiskan waktu untuk hunting foto seharian penuh, karena tidak ingin sedikitpun kehilangan moment-moment yang mungkin tidak dapat diulang kembali, mulai dari sunrise sampai sunset.

Tentu selalu ada kendala saat kita sedang melakukan hunting foto, salah satunya adalah baterai kamera yang cepat habis. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghemat baterai kamera saat hunting foto.

Jika menggunakan kamera DSLR kapasitas baterainya cukup besar, itulah kenapa hunting foto menggunakan kamera DSLR dengan satu baterai akan lebih tahan lama dibanding dengan menggunakan kamera compact, mirrorless, ataupun kamera ponsel. Hal ini dikarenakan kapasitas baterai yang dimiliki kamera selain DSLR tersebut cenderung lebih kecil, sehingga tidak tahan cukup lama, terlebih jika menggunakannya untuk hunting foto dengan waktu yang lama.

Untuk pemakaian normal, sebuah baterai kamera DSLR dapat tahan sekitar 350-500 foto (tergantung jenisnya) sedangkan untuk compact dan mirrorless, baterai kamera hanya dapat tahan sekitar 200 foto saja. Tentunya karena itu, jika kita menggunakan kamera compact, mirrorless, atau kamera pada ponsel kita sebaiknya membawa lebih dari satu baterai, atau membawa powerbank, itupun harus tetap menghemat penggunaan baterai.

Berikut ini tips-tips bagaimana cara menghemat baterai kamera saat hunting foto:

Matikan Image Review

Tidak hanya berlaku pada ponsel, layar pada kamera juga menghabiskan banyak daya yang dikeluarkan, terlebih jika intensitas kita melihat gambar atau foto di dalam kamera sangat sering. Biasanya LCD akan secara automatis memunculkan gambar atau foto yang baru diambil, hal ini tanpa kita sadari akan membuat baterai akan cepat habis. Hal tersebut tentu saja dapat ditanggulangi, jika kita ingin mematikan fitur yang satu ini, matikan ‘image review’ pada menu kamera kalian. Namun terkadang jika kita hunting foto, sekali jepret kita merasa penasaran dan ingin terus melihat hasilnya setelah kita mengambil gambar, padahal inilah yang juga merupakan salah satu aspek yang membuat baterai cepat habis. Oleh karena itu untuk menghemat baterai kami sarankan untuk mengurangi intensitas melihat gambar / foto hasil jepretan.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar LCD

Selain aspek image review, tingkat kecerahan pada layar LCD juga akan sangat mempengaruhi penggunaan baterai pada kamera. Semakin tinggi tingkat kecerahan pada layar LCD maka akan semakin boros penggunaan baterai yang digunakan. Oleh karena itu dengan menurunkan tingkat kecerahan ke-1 atau 2 akan lebih menghemat baterai, tapi untuk kecerahan layar LCD ini disarankan untuk lebih berhati-hati dikarenakan hal ini akan berpengaruh pada gambar, sehingga gambar akan terlihat sedikit gelap. Saat kecerahan LCD diturunkan, periksa terang gelap lebih akurat dengan membaca histogram.

Jendela Bidik Optik atau Layar LCD?

Cara Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting FotoApabila kita menggunakan kamera DSLR, maka sebaiknya gunakan jendela bidik optik untuk membidik dan mengkomposisi foto, jangan mengunakan layar LCD, dikarenakan hal ini menguras jauh lebih banyak baterai untuk menampilkan gambar atau foto dari sensor gambar secara langsung, dan juga tenaga untuk autofokus contrast detect.

Berbanding terbalik dengan menggunakan DSLR, saat mengunakan kamera compact, mirrorless, atau kamera ponsel yang terdapat jendela bidik elektroniknya, sebaiknya lebih dianjurkan untuk menggunakan layar LCD, hal ini dikarenakan jendela bidik elektronik yang ada pada kamera compact, mirrorless, ataupun kamera ponsel tersebut memiliki resolusi yang lebih tinggi sehingga menguras lebih banyak baterai. Maka dianjurkan untuk menggunakan layar LCD saja.

Cara Menghemat Baterai Kamera dengan Posisi Kamera Stand By

Aspek yang satu ini terkadang menjadi hal yang terabaikan oleh pengguna kamera, karena masih banyak orang yang mengira bahwa mematikan kamera saat sedang break hunting foto dan menghidupkannya kembali saat hunting foto akan dimulai kembali akan jauh lebih menghemat di banding membiarkannya dalam keadaan stand by. Faktanya saat mematikan kamera dan kemudian menghidupkan kembali kamera tersebut, maka sebenarnya daya baterai lebih banyak tersedot. Maka Lebih baik kamera di-stand by-kan saja saat kemudian kamera tersebut akan dihidupkan kembali untuk melanjutkan hunting foto.

Gunakan Manual Fokus dan Matikan Image Stabilization

Jika kalian baru menyadari bahwa baterai pada kamera kalian memang sudah benar-benar sedikit, maka hal yang dapat kalian lakukan adalah gunakan manual fokus dan matikan image stabilization (IS, VR, dll).

Jangan Langsung Memproses Foto

Tips terakhir cara menghemat baterai kamera saat hunting foto adalah jangan mengunakan kamera untuk langsung memproses foto, seperti memberikan efek khusus seperti filter, memproses gambar RAW, dan proses-proses lainnya karena proses-proses tersebut akan memakan tenaga prosesor dan baterai yang cukup tinggi.

Pembahasan diatas merupakan tips dan trik cara menghemat baterai kamera. Namun jika memang tidak memungkinkan untuk melakukan beberapa hal diatas pada kamera anda, maka hal yang paling aman saat kita sedang melakukan hunting foto dengan waktu yang cukup lama adalah siapkan lebih dari satu baterai untuk baterai cadangan saat baterai yang kita gunakan habis. Disarankan Untuk kamera DSLR akan lebih aman, jika mempunyai dua baterai, untuk mirrorless atau compact, siapkan sekitar 2-3 baterai cadangan, tergantung lamanya waktu hunting foto, pertimbangkan juga lokasi dimana kita bisa singgah untuk men-charge baterai kamera kita.

Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, dan membuat hunting foto kalian lebih menyenangkan, tanpa harus pusing dengan permasalahan habis baterai di tengah hunting foto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here