Bagaimana Cara Menonaktifkan Windows Defender

0
295
Bagaimana Cara Menonaktifkan Windows Defender

Bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender? Mungkin Anda sudah tahu apa itu Windows Defender, yup, Windows Defender adalah program antivirus default bawaan pada Windows 10. Windows Defender menawarkan keamanan dasar, sangat berguna untuk mendeteksi spyware atau perangkat lunak yang tidak diinginkan pada laptop atau komputer Anda.

Apabila kalian menggunakan pengaturan default, maka Windows Defender akan memeriksa secara teratur terhadap spyware dan perangkat lunak lain yang mungkin saja tidak diinginkan, dan Windows Defender secara automatis menghapus item apapun yang dideteksi dan dianggap berbahaya pada Windows kalian.

Nah masalahnya adalah ketika pemberitahuan-pemberitahuan yang muncul dari Windows Defender bermunculan berlebihan bahkan cenderung mengurangi kenyamanan Anda dalam menggunakan komputer. Lalu bagaimana jika Anda ingin menghilangkannya? Tentunya kita tidak dapat meng-uninstall-nya seperti aplikasi komputer pada umumnya, dikarenakan Windowes Defender dibangun menyatu dengan Windows nya itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara menonaktifkan Windows Defender:

Cara Pertama

  1. Buka Windows Defender
  2. Setelah terbuka, selanjutnya klik Settings >> pilih Windows Defender
  3. Setting Real-time protection dan Cloud-based Protection menjadi Off.

*Catatan: Cara ini hanya bekerja sementara.
**Update: Cara ini sudah tidak bisa dilakukan karena perbaikan dari Windows.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Kedua

Jika kalian benar-benar ingin memastikan Windows Defender tidak muncul kembali pada komputer atau laptop kalian, kalian dapat membuka Services panel pada Control Panel, atau dengan mengetik services.msc pada kotak pencarian Start Menu. Selanjutnya Cari Windows Defender dalam daftar dan klik ganda di atasnya.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengubah posisi Startup type menjadi Disable, dan setelah itu klik OK dan keluar.

Nah setelah melakukan cara diatas berarti kalian sudah menonaktifkan Windows Defender. Jika kalian sudah menonaktifkan windows defender tersebut maka hal yang paling penting dan tidak boleh diabaikan adalah protect laptop atau komputer kalian agar tidak mudah dimasuki oleh spyware ataupun perangkat lunak yang tidak diinginkan oleh windows pada laptop maupun komputer kalian.

Semoga artikelĀ Bagaimana Cara Menonaktifkan Windows Defender ini bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here