Bagaimana Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

2
749
Bagaimana Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Bagaimana cara merawat komputer agar tidak mudah rusak dan tetap awet? – Komputer adalah salah satu buah dari inovasi kecanggihan teknologi masa kini. Keberadaan komputer sangatlah berarti bagi kita khususnya manusia. Kita semua pasti sudah tak asing lagi apabila mendengar nama yang satu ini. Kita akan mendapatkan banyak manfaat apabila komputer yang kita gunakan dalam kondisi baik, namun tak menutup kemungkinan akan terjadi suatu kerusakan yang disebabkan karena tidak wajarnya cara kita menggunakan dan memperlakukannya.

Jika Anda menyadari berapa banyak kegiatan sehari-hari Anda yang dilakukan dengan menggunakan komputer, baik komputer desktop ataupun laptop, tentu Anda akan sangat menjaga dengan baik komputer Anda agar terhindar dari masalah-masalah yang mungkin terjadi pada komputer Anda.

Pada artikel ini, kami akan berbagi tentang cara merawat komputer agar tidak mudah rusak agar Anda dapat bekerja dengan lancar dan cepat, serta menghindari masalah-masalah yang sering terjadi pada komputer.

Jaga Agar Tetap Dingin

Sebagian besar dari kita memahami bahwa salah satu cara merawat komputer agar tidak mudah rusak dan tetap awet adalah dengan menjaga agar komputer harus tetap dingin. Namun kenyamanan saat menggunakan laptop dan keandalan desktop komputer membuat kita sering lupa untuk menjaga hal yang satu ini saat menggunakan perangkat komputer. Desktop komputer disimpan di tempat tersendiri tanpa berpindah-pindah, dan kita biasanya sangat sering melupakan semua masalah lingkungan yang mungkin bisa terjadi di sana.

Pertama, Anda pastikan bahwa ada banyak aliran udara di semua sisi komputer, terutama bagian belakang pada desktop dan bagian samping bawah untuk laptop. Selain itu biasakanlah beres-beres meja atau area kerja Anda, ini juga tips penting untuk diingat jika CPU komputer Anda disimpan di bawah meja, atau dalam lemari khusus CPU komputer, karena udara panas dalam situasi tersebut dapat meningkat dan mendaur ulang sendiri, semakin panas dan panas di dalam ruang komputer Anda. Misalnya dengan membiarkan pintu lemari terbuka, atau melepas penutup belakang lemari untuk memastikan aliran udara masuk.

Anda mungkin sering mendengar, atau berintuisi, untuk mengatasi komputer yang overheating (kepanasan) adalah dengan cara melepaskan casing komputer Anda. Itu sebenarnya cara yang salah, karena casing tersebut digunakan untuk melindungi komputer dari kotoran dan debu, yang biasanya justru menjadi penyebab overheating. Debu, bulu halus, dan kotoran adalah penyebab terbesar masalah suhu pada PC, karena mengganggu kerja kipas-kipas untuk mendinginkan komputer Anda.

Yang membawa kita ke cara yang paling bermanfaat untuk proaktif di sini: dengan membersihkan dan / atau mengganti kipas yang menjaga semuanya bekerja. Sedangkan untuk solusi mahal seperti water-cooling kits dan phase-change units tidak diperlukan untuk komputer biasa, cukup dengan memasang kipas tambahan.

Pasang UPS

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah RusakSalah satu cara merawat komputer agar tidak mudah rusak lainnya adalah dengan pemasangan Uninterruptible Power Source (UPS). Permasalah listrik tampak cukup sederhana: Anda pasang komputer Anda ke saluran listrik, dan komputer Anda bekerja. Tapi apa yang kita tidak lihat adalah seringnya terjadi percikan kecil dan gangguan dari jaringan listrik. Komputer yang dijual di Indonesia bekerja pada tegangan AC 220 volt, dan frekuensi 50 Hz, tetapi dari jaringan listrik yang kita dapat sering tidak persis seperti itu. Hal-hal semacam itu, yang tidak bisa kita lihat secara kasat mata, tetapi komputer kita dapat merasakannya.

Diperkirakan bahwa 47 persen dari masalah komputer adalah karena “dirty power” [sumber: Superuser]. Sebuah Uninterruptible Power Source (UPS) dirancang untuk menjaga tegangan agar tetap stabil dan konstan, bahkan ketika terjadi pemadaman listrik, dengan menggunakan sistem baterai (UPS) tetap menjaga tegangan agar tetap stabil dan konstan. Pada dasarnya, itu berarti komputer Anda selalu berjalan dari baterai UPS, yang mana UPS selalu melakukan pengisian. Sehingga tidak ada waktu peralihan ketika listrik utama mati.

Untuk menjaga UPS Anda awet, ganti baterai setiap tiga tahun dan jangan pasang printer atau perangkat eksternal lainnya ke UPS Anda. Dan, seperti yang sering direkomendasikan, ada baiknya untuk membiarkan baterai benar-benar mati setidaknya beberapa kali dalam setahun dan mengisi ulang dari awal.

Cek Software Secara Rutin

Ada tiga utilitas harus Anda ketahui: defragmentation, pengecekan disk, dan program antivirus. Sebagian besar perangkat lunak antivirus gratis kami akan melihat dibundel dengan analog dari dua lainnya – serta versi sangat membantu tugas scheduler kita akan bicarakan nanti – jadi kami akan fokus di sana, tapi di sini adalah beberapa definisi untuk orang awam. Apa istilah ini mengacu adalah padang gurun energi digital dalam memori drive komputer Anda, yang secara alami jauh lebih rapi daripada yang mungkin Anda harapkan.

Defrag. Setiap kali Anda mengubah, memindahkan, menyalin, atau menghapus file, komputer Anda biasanya bekerja seminimal mungkin untuk mengerjakan sesuatu yang diinginkan. Itu berarti akan ada potongan-potongan file yang tersisa dan memenuhi ruang di hard disk Anda. Sebuah kemampuan utilitas defrag akan menelusuri ruang-ruang di hard disk Anda, dan mengumpulkan file-file sampah dan akan menghapusnya untuk mengurangi beban pada hard disk. Hal ini akan membersihkan hard disk Anda dari file-file sampah, serta mempercepat komputasi dengan cara memindahkan semua data yang masih penting ke area yang lebih rapi dan tersusun rapat sehingga CPU Anda tidak harus menelusuri area hard disk dimana terdapat data penting yang tercampur dengan data sampah.

Chk dsk. Sejalan dengan utilitas defrag, Chk dsk adalah peninggalan dari DOS. Ini adalah cara brute-force untuk memeriksa error pada hard disk. Jika Anda tidak menggunakan sebuah sektor hard disk, Anda mungkin tidak pernah tahu bahwa itu bermasalah hingga komputer Anda mencoba menyimpan sesuatu di sektor tersebut. Itu sebabnya Defrag biasanya mencakup atau membutuhkan Chk dsk sebelum memulai mensortir file sampah. Perlu diingat bahwa Chk dsk membutuhkan akses eksklusif ke volume (Misalnya, “C:” drive) sebelum dimulai.

Antivirus. Tentu saja kita semua bermasalah dengan virus komputer. Anda membutuhkan sebuah software antivirus yang kokoh, dan Anda juga akan menginginkan software yang dapat menganalisis setiap gerak-gerik sesuatu yang mencurigakan. Saya menilai software antivirus dari tiga hal: berapa banyak malware dan virus yang dapat terdeteksi, seberapa baik menghilangkan virus tanpa ada jejak atau masalah sekunder yang timbul, dan berapa banyak source memory yang digunakan.

Back Up

Tips kali ini bukan tentang bagaimana cara merawat komputer agar tidak mudah rusak, tapi tentang pencegahan jika komputer kita tiba-tiba rusak. Banyak orang saat ini berpindah ke cloud, untuk menyimpan data mereka. Tetapi jika kebutuhan Anda berbeda, Anda memiliki banyak data dan ingin Anda simpan dan lindungi sendiri, Anda harus menyimpannya dengan apik. Sebaiknya Anda tetap harus memiliki sistem back up untuk semua file penting Anda di cloud. Sementara itu saat ini pun hard disk eksternal sudah mudah didapat, ada banyak layanan penyedian jasa penyimpanan data baik yang gratis maupun yang berbayar, yang dapan mensinkronisasi data dengan mudah dan mulus, sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi crash atau masalah lainnya.

2 COMMENTS

  1. Kalau aku punya laptop terjatuh apakah dapat mengganggu kestabilan dan kemampuan maksimalnya berikut set yang bersamaan baik koneksi, charger, mouse yang terkena benturan?

    • Kalau laptop terjatuh biasanya yang rentan rusak harddisk nya.
      Coba cek bagian HDnya pake software HDTune, ada badsector atau ngga.
      Kalau koneksi, charger, mouse coba dicek apakah masih berfungsi atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here