Bagaimana Cara Merawat Power Bank

0
420
Bagaimana Cara Merawat Power Bank

Bagaimana cara merawat power bank? Power Bank merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dengan pecinta gadget yang memiliki aktifitas mobile yang begitu padat. Tentunya jika gadget kalian mati dikarenakan baterai gadget kalian habis dan harus segera di charge tetapi kalian tidak menemukan terminal untuk mencolokan charger kalian, disinilah kegunaan power bank sangat bermanfaat. Kalian hanya cukup men-charge power bank sebelum bepergian, dan disaat kalian berpergian kalian tidak perlu khawatir jika baterai smartphone atau gadget kalian habis. Sama seperti barang elektronik lainnya, power bank juga membutuhkan perawatan. Berikut adalah beberapa tips cara merawat power bank:

1. Cek Kapasitas Power Bank

Hal yang paling penting setelah membeli power bank yaitu periksa kapasitas daya listrik yang mampu tersimpan dalam power bank tersebut, kemudian lakukan pengecasan awal hingga baterai terisi penuh. Pada umumnya power bank berkapasitas 5800 mAh atau 6000 mAh dan membutuhkan waktu mengecas sekitar 8 jam di awal.

2. Cas Penuh Power Bank, Jangan Sering Melepas Saat Mengecas

Saat mengecas power bank, usahakan cas sampai benar-benar terisi penuh. Hal ini dapat terlihat dari lampu atau tanda masing-masing power bank yang menunjukan power bank tersebut sudah terisi penuh atau belum, sebaiknya jangan bolak-balik melepas power bank saat belum benar-benar terisi penuh. Hal ini bertujuan agar power bank dapat menyuplai daya listrik ke smartphone beberapa kali dan merawat power bank agar tidak cepat rusak.

3. Perhatikan Tempat Penyimpanan Power Bank

Cara Merawat Power BankPerhatikan penyimpanan power bank, jangan sampai power bank disimpan langsung dibawah sinar matahari atau tempat yang memiliki suhu yang panas, ditakutkan komponen pada power bank mudah terbakar dan akan merusak power bank itu sendiri, tetapi juga jangan menyimpan pada tempat bersuhu lembab dan basah, dikarenakan hal ini mengakibatkan baterai power bank cepat down atau cepat habis. Jadi sebaiknya simpan power bank kalian di tempat yang aman dan kering.

4. Hindari Power Bank Dari Benturan atau Terjatuh

Power bank sangat rentan terhadap benturan, terlebih saat terjatuh. Hal itu dapat mengakibatkan penurunan daya pada power bank tersebut. Oleh karena itu sebaiknya beri pelindung atau silikon pada power bank kalian, pelindung tersebut tidak hanya mengurangi benturan jika terjadi tetapi juga menghindarkan power bank dari perubahan suhu yang ekstrim yang akan mengakibatkan power bank rentan kerusakan.

Berikut adalah beberapa tips cara merawat power bank, tentunya jika kita merawat power bank dengan baik. Hal ini akan dapat memudahkan kalian jika berpergian dan mengharuskan mengisi daya baterai pada smartphone atau gadget kalian tanpa harus bingung-bingung mencari terminal listrik. Semoga artiket cara merawat power bank ini bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here