Bagaimana Cara Setting Mikrotik Basic

0
87
cara setting mikrotik basic

Bagaimanakah Cara Setting Mikrotik Basic?

Mari kita simak cara setting mikrotik basic dengan bersama-sama yah teman ! Mohon baca dengan teliti.

Pada kali ini, kita akan membahas tentang cara setting mikrotik basic. pada artikel ini mikrotik sudah siap ada di rumah, sekolah atau kantor. Mikrotik mencakup gateway server, dhcp server,dan dns server. Jika anda belum tahu tentang mikrotik sebaiknya anda lebih tahu dulu apa itu manfaatnya mikrotik.

Sekarang kita menggunakan mikrotik RB750r2. Dan jika kita membeli mkrotik routerboard, maka lisensi nya sudah terpasang otomatis pada alat tersebut. Jika kalian menggunakan PC untuk router mikrotik lisensi yang di gunakan adalah versi 0(trial).

Dan pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan Winbox, agar konfigurasinya dapat di lakukan dengan tampilan GUI (Grafic User Intrface).

terlebih dahulu kamu harus membuat topologi jaringan sebelum melakukan kofigurasi mikrotik. Topologi yang kita gunakan, topologi yang sederhana saja.
perhatikan gambar berikut ini :

Sumber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

Pada gambar diatas, terdapat 1 link yang keluar dari jaringan internet. Misalkan, IP nya 10.10.1.250/24 dan ini mohon di ingat karena IP gateway ke internet ini adalah IP Public yang telah diberikan oleh ISP.

  1. Koneksikanlah port 1 ke modem,dan port 2 ke PC. Jalankan winbox, dan buka tab Neigbors.
    Sumber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir
    Sumber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

    Pada gambar di atas, rb telah terdeteksi oleh winbox. klik pada rb yang terdeteksi, kemudian konfigurasi mikrotik menggunakan user admin dan password kita kosongkan saja. lalu pilih connect,

    dari gambar di atas adalah interface GUI di mikrotik. Pada menu sidebar di sebelah kiri itu adalah list fungsi yang biasa ada pada mikrotik mulai dari wizzard konfig,dll.

  2. Agar memudahkan anda mencari port punya anda, maka kita harus merubah user interface terlebih dahulu.
    kemudian pilih tombol interface dan akan muncul jendela baru.  Kemudian double klik pada salah satu user interface. Pemisalan untuk interface 1 kita beri nama Eth_1_internet , nah interface 1 untuk ISP/modem. Dan Eh_2_internet untuk konfig. kedua Eth ini akan masuk ke switch/hub untuk menyebarkan jaringan ke client.

    Sumber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

    pada gambar diatas, bahwa ada 5 interface. Kita menggunakan interface 1 dan 2, untuk interface lainnya kita gunakan untuk kepentingan lainnya.

  3. Selanjutnya, kita pilih IP>addresses . Input saja IP sesuai kehendak kalian, sekarang kita akan memasukan 2 IP.
    misal : Eth_1_Internet : 10.10.1.250/24 (anggap saja ini Ip public)
    Eth_2_Internet : 192.168.10/24 (anggap ip client)
  4. kemudian pilih tanda “+” , lalu masukan ip nya ,tanpa memasukan ip network dan
  5. klik tombol apply.

    Sumber gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir
  6. setelah itu kita akan setting DNS server nya. Jika anda sudah mempunyai IP DNS silahkan masukan IP nya, Jika tidak kita masukan IP DNS nya dengan IP DNS Google yaitu :
    8.8.8.8
    8.8.4.

    Sumber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

    4

  7. Dan pilih IP>routers. Masukan gateway yang telah diberikan oleh isp, biasanya ip nya itu 10.10.1.1 . Untuk konfig yang lainnya kita biarkan saja karna itu dynamic route. Lalu klik “+” . Dan akan muncul jendela seperti ini :
    SUmber Gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

    coba anda lihat, addres nya adalah 0 berarti semua ip yang ada melewati ip 10.10.1.1 . Untuk mengecek apakah ada router yang terjangkau kita tinggal klik apply. Jika muncul rechacble berarti itu sudah terkoneksi dengan gateway, kemudian kita pilih OK.

  8. Langkah selanjutnya, kita pilih NAT> masquerade yaitu untuk menyamarkan IP lokal menjadi IP Public. Konfig ini berada di menu IP>firewal>tab nat dan klik tombol “+” . Pada tab General masukan di kolom chain=srcnat lalu Out Interface=Eth_1_internet dan pilih tab action=masquerade.
  9. Sebenarnya sampai langkah disini juga kita sudah terkoneksi. Tapi untuk meminimalisir kerumitan kita harus memberikan ip ke client secara manual/otomantis.
    Pilihlah menu IP>DHCP Server dan klik DHCP setup. Kalian berikan IP zstatic ke IP client mulailah dari 192.168.100.100 – 192.168.100.254

    Sumber gambar : rhiel.id/cara-setting-mikrotik-basic-dari-awal-hingga-akhir

    Pada gambar di atas yaitu range ip yang akan di berikan client, pada config akan di temukan berapa lama dhcp di berikan sebelum di lepas kembali.

  10. Nah, setting mikrotik sudah selesai. silahkan anda sekarang coba buka browser.
    Untuk memulai kembali, silahkan cabut kabel kemudian pasanglah kembali.

begitulah cara setting microtik basic, semoga bermanfa’at. Terima Kasih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here