Bagaimana Proses Rotasi Bumi

0
228

Proses Terjadinya Rotasi Bumi

Bagaimakah proses rotasi bumi? Sebelum kalian mengetahui tentang bagaimana prose terjadinya rotasi bumi. Kita terlebih dahulu memahami tentang Apa itu rotasi bumi?

Pengertian Rotasi Bumi

Sumber Gambar : https://bagaimana.web.id/bagaimana-proses-terjadinya-petir-atau-kilat/

 

Rotasi ? Mungin bagi kalian yang kurang tahu, pasti kebingungan dengan kata itu. Tapi kalian sering mendengar kata itu, iya kan? Iya, rotasi sering di kaitkan dengan benda-benda langit atau planet . Jadi Rotasi adalah suatu aktivitas, pekerjaan atau kegiatan yang berputar pada porosnya. Rotasi juga di lakukan oleh beberapa benda langit seperti planet, asteroid, dan benda langit lainnya. Apalagi bumi pasti mengalami rotasi atau perputaran, tapi kita tidak dapat merasakannya itu karena kita terlalu kecil yang tinggal di bumi. Hal yang akan terjadi akibat rotasi bumi yaitu pergantiannya hari, kita bisa lihat bukti yang ada dan terjadi terhadap matahari.

Secara umum rotasi bumi adalah suatu aktivitas perputaran bumi yang berputar pada porosnya. Selain bumi, bulan juga sebagai satelit bumi mengalami rotasi.

Proses Rotasi Bumi

Rotasi bumi terjadi secara umum karena perputaran bumi terhadap porosnya. Perputaran bumi ini berlawanan dengan arah jarum jam yaitu berputar dari barat menuju timur.

Akibat dari Proses Rotasi bumi antara lain :

  1. Terjadinya pergantian siang dan malam
    Akibat dari perputaran bumi pada porosnya menyebabkan adanya pergantian siang dan malam. Bagian bumi ada yang menghadap matahari dan ada juga yang membelakangi matahari, bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami waktu siang di karenakan posisi bumi mendapatkan sinar dari pancaran matahari. Sedangkan bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam, karena tidak mendapatkan sinar matahari.
  2. Adanya gerak semu harian pada matahari
    Pada gerak semu harian matahari, seolah olah matahari yang mengelilingi bumi di karenakan pada pagi hari matahari tampak terbit  dari timur dan pada sore hari tampak terbenam di barat.
  3. Adanya perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi
    Dengan adanya bagian gelap  dan terang di bumi, ini mengakibatkan perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi. Greenwich sebagai pusat waktu di bumi yang di lalui oleh garis bujur 0 derajat. Setiap daerah memiliki selisih 1 jam untuk selisih 15 derajat. Di dunia terbagi 24 perbedaan bagian waktu.
  4. Adanya perbedaan percepatan pada gravitasi bumi
    Akibat dari adanya rotasi bumi meyebabkan adanya gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal adalah gaya yang arahnya menjauhi pusat.
  5. Adanya pembelokan arah angin
    Angin merupakann udara yang bergerak dan berpindah ke berbagai tempat karena adanya perbedaan tekanan.
  6. Adanya Pembelokan arah arus laut
    Di bagian bumi selatan arah arus laut berbelok sehingga berlawanan dengan arah jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan arus laut yang mengibatkan rotasi disebut efek Coriolis.

Demikianlah tentang proses rotasi bumi, semoga bermanfa’at dan Terima Kasih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here