Bagaimana Proses Terjadinya Gerhana Matahari

0
75
Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Proses Terjadinya Gerhana Matahari tentu saja membuat semua orang menjadi penasaran. Kenapa sih harus ada gerhana matahari? kenapa bisa terjadi? dan apa penyebabnya?
Baiklah, pada artikel kali ini  saya akan menjelaskan tentang proses terjadinya gerhana matahari.

Adapun gerhana matahari itu bisa terjadi karena pada saat itu posisi bulan tepat terletak antara bumi dan matahari sehingga bisa saja menutup sebagian cahaya matahari bahkan seluruh cahaya matahari yang menyinari bumi. Walaupun memanglah bulan mempunyai ukuran yang lebih kecil dari matahari, tapi bulan mempunyai jarak lebih dekat ke bumi.

sumber gambar:https://www.infoastronomy.org/2016/02/bagaimana-proses-terjadinya-gerhana-matahari.html

 

Jalur bayangan bulan ini memiliki 3 bagian.

1 . Umbra
Umbra adalah bayangan yang paling tergelap di antara bayangan bulan yang lainnya. Daerah yang berada pada bagian ini akan mengalami gerhana matahari total, pada kejadian ini piringan matahari tertutup oleh piringan bulan.

2 . Penumbra
Penumbra adalah Bayangan bulan hanya bagian luarnya  saja. Daerah yang mengalami gerahana bagian ini akan merasakan gerhana matahari sebagian, dan langit pun tidak akan gelap total seperti gerhana matahari yang total.

3 . Atumbra
Atumbra adalah wilayah yang berada di bayangan matahari dimana bayangan bulan akan menutupi seluruh bagian matahari, di wilayah atumbra ini akan terlihat seperti cincin atau disebut dengan gerhana matahari cincin. Atumbra berasal dari bahasa latin yaitu ‘ante’ yang artinya sebelum dan ‘umbra’ artinya bayangan.

 

Jenis-jenis Gerhana Matahari

Gerhana matahari itu di bagi menjadi 4 bagian.

1 . gerhana matahari total, itu terjadi pada saat puncak gerhana piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan bulan itu berubah-ubah tergantung jarak dari Bumi-bulan dan Bumi-matahari.

2 . Gerhana matahari sebagian, Pada gerhana ini di karenakan piringan bulan tidak sepenuhnya menutupi piringan matahari.

3 . Gerhana Hibrida adalah fenomena gerhana yang bergeser antara gerhana total dan cincin. Gerhana ini muncul di bumi sebagai gerhana total tetapi ada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Jenis gerhana ini relatif jarang dan langka.

4 . Gerhana Cincin, terjadi apabila pada saat puncak gerhana total dan piringan bulan hanya menutupi sebagian dari piringan matahari tepat pada saat bayangan bulan berada di depan bayangan matahari. Jadi pada saat gerhana terjadi bayangan yang tidak tertutupi akan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Sekian artikel tentang proses terjadinya gerhana matahari, semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here