Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

0
121
Proses Terjadinya Hujan

Proses Terjadinya Hujan

Bagi kalian yang belum tahu, bagaimanakah proses terjadinya hujan? Marilah baca dengan teliti, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang proses terjadinya hujan.
Apakah kalian tahu apakah itu hujan? Hujan merupakan suatu kejadian yang alami berupa tetesan air yang pastinya tidak asinng lagi bagi kita.

Hujan bisa menjadi sumber air di bumi, sedangkan air adalah sumber utama bagi makhluk hidup. Lantas apakah kalian berpikir bagimanakah tetesan air tersebut bisa jatuh dan sampai ke bumi?

Sumber Gambar : http://www.eventzero.org/proses-terjadinya-hujan/

Proses Terjadinya Hujan

  1. Terjadi Penguapan Akibat Sinar Matahari

    Matahari adalah sumber energi utama bagi bumi. Matahari sebagai pusat tata surya ini mampu menyinari seluruh bagian bumi sesuai kurun waktu tertentu.
    Selain di wilayah perairan, karena sinar matahari juga menyebabkan proses penguapan pada tubuh manusia, hewan serta tumbuhan. Karena pada makhluk hidup juga mengandung air.
  2. Hasil Penguapan Air Berubah menjadi awan

    Uap air yang berlimpah yang datang dari berbagai sumber, oleh sinar matahari maka air tersebut akan terangkat hingga ke udara. Samakin tinggi jarak air ke bumi, maka akan semakin rendah / dingin cuaca di daerah tersebut.
    Perlu kalian tahu tidak hanya air yang bisa menguap, tapi seperti asap pabrik dan kendaraanpun bisa menguap ke udara dan berkumpul dengan hasil penguapan yang lainnya.
    Jadi kumpulan dari penguapan tersebut memiliki suhu yang rendah dan berubah menjadi gumpalan yang sering kita sebut dengan awan.
  3. Dengan Bantuan Angin Awan menjadi Besar

    Karena adanya bantuan angin, awan-awan yang kecil yang satu dengan yang lainnya bergeser dan bergabung menjadi ukuran yang lebih besar dan semakin banyak uap air yang bergabung.
    Jika awan sudah menampung lebih banyak uap air, maka ukurannya akan lebih besar dan akan tampak kelabu jika terlihat dari bumi yang sering kita sebut dengan mendung.
  4. Air Hujan Turun

    Awan terus bergerak sesuai dengan tiupan angin menuju tempat yang lebih dingin.
    Namun, awan juga bisa menampung batas maksimal. Jika sudah banyak menampung uap air, maka awan tersebut akan jatuh ka bumi berupa tetesan-tetesan air yang sering kita sebut dengan air hujan.
  5. Air hujan pun terserap ke dalam tanah dan kembali ke sumber perairan

    Setelah hujan turun, maka air tersebut akan terserap ke dalam tanah dan akan kembali ke sumber perairan.
    Kesimpulannya air hujan itu turun secara berkesinambungan dan akan terus menerus hujan di saat tertentu.

 

Sekianlah tentang proses terjadinya hujan, semoga bermanfa’at dan terima kasih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here