Bagaimana Proses Terjadinya Petir atau Kilat

0
168
Proses Terjadinya Petir atau Kilat

Proses Terjadinya Petir atau Kilat

Apakah kalian tahu bagaimana proses terjadinya petir atau kilat?
Petir sering dikenal juga sebagai halilintar atau kilat. Petir sering kita temui pada saat musim hujan. Ciri khas dari petir adalah memiliki kilatan putih dan diiringi dengan suara dentuman yang keras. Yang dimaksud dengan petir adalah kilatan cahaya putih yang menyilaukan, dan suara keras yang mengirinya sering di sebut dengan guruh.

petir biasa disebut dengan listrik alam. Hal ini biasa di analogikan dengan kondensator raksasa. Lempeng pertama adalah awan yang mempunyai lempeng negatif dan positif, dan lempeng yang kedua adalah bumi yang sering dianggap netral. Petir tidak terjadi ke bumi saja, tapi petir juga bisa dari awan ke awan. Hal ini bisa terjadi karena jika awan yang satu bermuatan negatif, dan awan yang lainnya bermuatan positif.

Proses Terjadinya Petir atau Kilat

Fenoma alam merupakan hal biasa yang sering terjadi. Seperti fenoma alam saat hujan sering terjadi petir, hal itu di sebabkan karena perbedaan potensial antara awan, bumi, dan awan lainnya.
proses terjadinya petir adalah sebagai berikut :

  1. Proses terjadinya muatan di awan terjadi karena awan terus menerus bergerak secara teratur. Awan yang satu dengan yang lainnya saling berinteraksi pada saat pergerakan, sehingga muatan negatif akan berkumpul di sisi awan lainnya dan muatan yang positif akan berkumpul di sisi yang lainnya.
  2. Muatan negatif tersebut terjadi pada saat ada perbedaan potensial cukup besar antara awan dan bumi. Ini mengakibatkan pembuangan muatan ke bumi untuk mencapai keseimbangan. Pembuangan pada proses ini, media yang dilalui nya elektron (muatan negatif) adalah udara.
  3. Saat elektron menembus batas ambang isolasi udara maka akan terjadi ledakan suara yang biasanya sering kita sebuat dengan suara menggelegar.

Dampak terjadinya petir

Petir merupakan gejala alam yang sering di takuti oleh kebanyakan orang, apalagi anak-anak kecil. Selain kilatan petir dan suara yang menggelegar yang di takuti, dampak lain dari petir akan berdampak luar biasa bahkan ada yang tersambar petir sampai meninggl dunia.

berikut efek dari sambaran petir :

  1. Efek listrik
  2. Efek tegangan tembus – samping
  3. Efek Thermal

Peristiwa yang pernah terjadi akibat sambarann petir di dunia

  1. Peristiwa kematian 18 pelajar akibaat sambaran petir
    Terjadi pada tahun 2011, di Kiryandongo Uganda.
  2. Pesawat jatuh akibat sambaran petir
    Peristiwa ini menyebabkan 91 orang meninggal dunia, terjadi pada tanggal 24 Desember 1971. Hal ini terjadi karena salah satu sayap terkena petir karena terbakar, dan mengakibatkan pesawat tersebut jatuh ke hutan amazon. Dalam kasus ini hanya 1 orang yang selamat dari 92 orang penumpang.
  3. Petir yang menyebabkan meninggalnya 3000 orang
    Hal ini terjadi di Guardin, Bercia Italia pada tahun 1769.

Demikianlah tentang Proses Terjadinya Petir atau Kilat, semoga bermanfa’at dan Terima Kasih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here