Bagaimana Susunan Tata Surya

0
72
Susunan Tata Surya

Pengertian Dan Susunan Tata Suya

Susunan Tata Surya? Pasti kalian bertanya-tanya? bagaimanakah susunan tata surya?
Mari kita bahas kali ini yah teman-teman.

Pengertian Tata Surya

Apakah kalian tahu apa itu Tata Surya?
Tata Surya adalah Kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas matahari(bintang), Planet, Satelit Alam, Asteroid, Meteor, Komet yang semuanya berputar mengelilingi mata hari (berevolusi).
Matahari merupakan pusat dari tata surya, semua tata surya berputar mengelilingi matahari dengan lintasan yang berbentuk elips. Pada saat revolusi, tata surya ada dimana titik terdekat dan titik terjauh dari matahari. Periphelium adalah titik terdekat dengan matahari, sedangkan Aphelium merupakan titik terjauh dari matahari.

Anggota Tata Surya

  1. Matahari

    Sumber Gambar : http://asagenerasiku.blogspot.com/2012/03/susunan-tata-surya.html

    Matahari merupakan kumpulan dari bintang-bintang. Matahari adalah bintanng terbesar dan menjadi pusat tata surya. Jarak dari matahari ke bumi sekita 149.600.000 Satuuan Astronomi (SA). Matahari berotasi pada sumbunya dari barat ke timur, periode matahari selama 34 hari pada bagian equatornya. Dan memerlukan waktu 27 hari pada bagian kutubnya. Perbedaan yang timbulkan di karenakan mataahari itu berbentuk gas.
    Matahari merupakan bola api yang panas sehingga mencapai suhu 35 juta derajat dan suhu di bagian permukaan nya mencapai 6000 derajat.

  2. Planet


    Planet ialah benda langit yang tidak memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya yang di dapatkan planet adalah cahaya pantulan dari matahari. Kedudukan planet dan bintang-bintang itu tidaklah tetap, karena setiap planet dan bintang memiliki periode masing-masing.
    Planet di kelompokan menjadi 2 bagian yaitu :
    – planet dalam, meliputi : Merkurius, Venus, Bumi, Mars.
    – planet luar, meliputi : Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
    Susunan planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
  3. Komet 

    Komet ialah benda langit yang memiliki garis edar lonjong yang mengelilingi matahari. Adapun arti komet berasal dari bahasa yunani yang artinya rambut panjang. Pada saat jauh dari matahari komet merupakan kumpulan gas dan debu yang membeku, sebagian besar bahan komet terbentuk atas kepala dan ekor. Komet juga mengelilingi matahari, komet terdiri dari gas pijar yang mempunyai garis edar yang berbeda-beda. Panjang Komet terdiri dari jutaan kilometer. Komet perlu ribuan tahun untuk setiap 1 kali mengorbit matahari. Komet sering kita kenal juga sebagai bintang berekor, sebenarnya pernyataan itu salah, karena komet terbentuk dari kumpulan es dan debu.
    Bagian-bagian komet terdiri dari ekor, inti, awan hidrogen.

  4. Asteroid


    Asteroid adalah benda angkasa yang berada di dalam serbuk asteroid, yaitu diantara orbit mars dan yupiter.

  5. Meteor dan Meteorid


    Meteor adalah Benda dari luar angkasa yang jatuh ke bumi, yang menembus atmosfer terbakar sehingga terlihat menyala daari bumi.
    Meteorid adalah meteor yang jatuh sampai ke bumi.

Demikianlah tentang susunan Tata Surya, semoga bermanfa’at dan Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here