Bagaimana Tips Memilih Headphone Yang Tepat

0
95
Tips Memilih Headphone Yang Tepat

Bagaimana Tips Memilih Headphone Yang Tepat? Entah Anda di rumah, sedang belajar atau bekerja di depan komputer, di perjalanan, sedang olah raga workout, dan berkegiatan lainnya, banyak dari kita senang menikmati berkegiatan sambil mendengarkan musik menggunakan headphone. Kualitas headphone yang Anda gunakan, tentu saja akan berpengaruh terhadap kualitas suara dan kenyamanan Anda saat mendengarkan musik. Jika Anda sedang ingin berinvestasi untuk sepasang headphone yang bagus, berikut inilah tips memilih headphone yang tepat untuk anda.

Headphone hadir dalam bermacam-macam style yang berbeda. Memilih headphone tidak hanya dari segi kenyamanan di kepala saja, tetapi kualitas audio output-nya, dan bisa juga disesuaikan dengan jenis musik yang Anda dengarkan.

Earbuds

Earbud adalah earpiece kecil yang masuk ke dalam telinga Anda. Anda mungkin akrab dengan alat ini, karena earbuds sering kali menjadi perangkat bawaan saat Anda membeli sebuah MP3 player. Earbuds umumnya dipasang di mangkuk telinga, sementara varian “in-ear” benar-benar masuk ke saluran telinga, terkadang cukup dalam.

Kelebihannya Earbud adalah karena super portable, cocok untuk digunakan saat bepergian. Sedangkan untuk varian “in-ear” menawarkan kelebihan isolasi kebisingan dari luar yang sangat keras, misal saat Anda berada di pesawat terbang atau bis.

Earpad

Jenis earpad jauh lebih populer sebelum munculnya iPod, earpad memiliki beberapa kelebihan yang membuat mereka layak dipertimbangkan. Earpad ini berupa bantalan kecil yang menutupi telinga, tapi tidak menutupi seluruh telinga. Earpad lebih seperti model headphone “terbuka”, yang berarti memungkinkan adanya kebocoran suara dua arah – anda dapat mendengar suara bising di luar dan di luar bisa mendengar sedikit musik Anda.

Kelebihannya jenis earpad ini pada umumnya adalah yang paling nyaman untuk bagian telinga, karena earpad hanya duduk di bagian luar telinga Anda. Earpad tidak akan membuat telinga Anda menjadi panas. Konstruksi earpad yang terbuka memberikan suara yang bagus, dan menyenangkan untuk digunakan saat berolahraga. Earpad juga biasanya sangat portabel, cocok untuk digunakan saat bepergian.

Full Sizes Headphone

Headphone ukuran penuh hadir dengan cup yang mengelilingi telinga Anda sepenuhnya. Mereka cenderung cukup besar, dan masuk dalam varietas terbuka dan tertutup. Ukurannya yang besar membuat mereka ideal untuk digunakan di rumah.

Kelebihan headphone dengan ukuran penuh memberikan respons bass yang bagus, kejernihan suara, dan isolasi dari kebisingan luar. Mereka juga biasanya didesain dengan menggunakan padding yang besar, membuat lebih nyaman untuk banyak ukuran kepala. Tetapi beberapa mungkin tidak cocok dengan orang yang berkepala terlalu besar ataupun kecil. Sehingga kadangkala tidak nyaman untuk digunakan, karena itu pilih size sesuai ukuran kepala.

Peredam Suara

Kebisingan di lokasi sekitar ketika kita menggunakan headphone sangat menggangu suara atau musik yang kita dengakan, oleh karena itu headphone yang bagus mampu meredam semua jenis suara dari luar. Keuntungannya adalah mereka sangat efektif, tapi harganya cenderung mahal, jadi ada sesuatu yang perlu Anda ingat saat mempertimbangkan peredam suara dari luar.

Wireless

Headphone nirkabel jelas lebih praktis digunakan. Akhir-akhir ini, sebagian besar headphone menggunakan Bluetooth. Bahkan bukan hanya mendengarkan musik tanpa kabel, tapi juga bisa play, pause, atau next musik langsung dari headphone yang Anda gunakan. Masalah yang Anda hadapi saat menggunakan headphone nirkabel adalah Anda harus mengisi ulang baterai atau sering menukar baterai, dan juga kualitas suara jarang sebagus headphone yang menggunakan kabel.

Itulah beberapa tips memilih headphone untuk Anda. Silahkan dipertimbangkan saat Anda akan membeli headphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here