Bagaimana Cara Kerja Central Processing Unit (CPU)

0
122
Central Processing Unit

Apa itu Central Processing Unit ?

Central processing unit atau CPU adalah merupakan bagian utama dari komputer karena proccesor yang berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada dikomputer. CPU merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menjalankan data dan  perintah dari perangkat lunak.

Komponen CPU :

  • Unit Control
    Berfungsi untuk mengatur jalannya program. Komponen yang ini pasti sudah terdapat pada semua CPU. Adapun CPU bertugas untuk mengontrol komputer agar terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dan menjalankan fungsi operasinya.
    Tanggung jawab CPU diantaranya intruksi-intruksi harus di ambil dari memori utama dan harus di tentukan jenis intruksinya. Dan jika ada intruksi tentang perhitungan aritmatika dan logika, maka CPU akan mengirimkan intruksi nya ke ALU. Kemudian hasil pengolahan akan di bawa lagi  ke memori utama untuk di simpan.
    Fungsi Unit kontrol :
    1. Mengendalikan dan mengatur input dan output
    2. Mengambil intruksi dari memori utama
    3. Mengambil data dari memori utama untuk di proses
    4. Menyimpan hasil dari proses ke memori utama
    5. Jika ada perhitungan dan perbandingan logika maka intruksi akan dikirimkan ke ALU serta untuk mengawasi kerja ALU.
  • ALU
    Bertugas untuk melakukan operasi perhitungan aritmatika dan perbandingan logika. ALU juga sering disebut sebagai mesin bahasa, karena pada mesin ALU terdiri dari 2 bagian yaitu perhitungan aritmatika dan perbandingan logika boolean yang memiliki spesifikasi masing-masing tugas. Sebenarnya tugas utama ALU adalah menghitung semua aritmatika yang ada pada program. Untuk melakukan semua aritmatika perhitungan penjumlahan maka sirkuit elektrik yang digunakan adalah adder.
    Adapun tugas lain dari ALU adalah melakukan operasi logika dari suatu program.
  • Register
    register adalah merupakan alat penyimpanan yang kecil tapi mempunyai kecepatan yang cukup tinggi. Digunakan untuk menyimpan intruksi/data pada saat di proses. Jadi memori ini bersifat sementara, register ini bisa di katakan sebagai otak pengolah data atau intruksi secara manual sehingga dapat diibaratkan juga sebagai CPU yang berisi tentang ingatan, mengatur semua kendali seluruh kegiatan untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Cara Kerja CPU

  1. Mengambil unit kontrol intruksi dari memori,
  2. Decode unit kontrol intruksi dan mengarahkan data yang diperlukan akan di pindahkan ke memori ke dalam aritmatikal logical unit.
  3. ALU mengeksekusi aritmatika atau logis. ALU di berikan kontrol dan melakukan operasi data.
  4. THC ALU menyimpan hasil di memori atau register.
  5. Unit kontrol mengarahkan memori untuk hasil perangkat keluaran atau pentimpanan sekunder.

Sekianlah tentang Central Processing Unit, semoga bermanfa’at dan Terima Kasih !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here