Bagaimana Cara Kerja Bluetooth

0
2543
Bagaimana Cara Kerja Bluetooth

Bagaimana cara kerja bluetooth? Ketika Anda menggunakan komputer, konsol game, atau telepon, ada bagian yang berfungsi untuk membangun komunikasi antar perangkat elektronik. Perangkat ini berkomunikasi satu sama lain menggunakan berbagai media seperti kawat tembaga, kabel, sinyal radio, dan sinar inframerah, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara untuk menghubungkan perangkat elektronik satu sama lain. Sebagai contoh:

  • Kabel
  • Kawat Tembaga
  • Kabel Ethernet
  • WiFi
  • Sinar Inframerah

Teknologi menghubungkan perangkat elektronik menjadi lebih kompleks setiap harinya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu metode untuk menghubungkan perangkat elektronik, yaitu Bluetooth. Bagaimana cara kerja bluetooth. Koneksi Bluetooth adalah nirkabel dan otomatis, dan memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari.

Apa itu Bluetooth?

Kita semua terbiasa dengan komunikasi nirkabel sekarang, meski kita tidak selalu menyadarinya. Program radio dan televisi disiarkan dalam gelombang radio ratusan (mungkin bahkan ribuan) km melalui udara. Handphone menggunakan teknologi yang sama untuk melakukan panggilan dan menerima telepon dimana pun Anda berada. Saat Anda menggunakan Wi-Fi (internet nirkabel), komputer Anda akan mengirim dan menerima aliran data Internet dari dan ke perangkat router yang terhubung ke jaringan internet. Semua teknologi tersebut mengirim dan menerima informasi tidak lagi menggunakan kabel tembaga tapi dalam bentuk gelombang radio yang tidak terlihat melalui udara.

Bluetooth adalah teknologi gelombang radio yang sama dengan teknologi nirkabel lainnya, namun dirancang dengan daya rendah untuk komunikasi jarak pendek kurang dari sekitar 10 meter. Biasanya, kita menggunakannya untuk mendownload foto dari kamera digital ke PC, untuk menghubungkan mouse nirkabel ke laptop, untuk menghubungkan headset hands-free ke ponsel Anda sehingga Anda dapat berbicara tanpa harus memegang ponsel dan begitu seterusnya Gadget elektronik yang bekerja dengan cara ini memiliki antena radio terintegrasi (pemancar dan penerima) sehingga mereka dapat secara bersamaan mengirim dan menerima sinyal nirkabel ke perangkat Bluetooth lainnya. Gadget tua alias jadul dapat dikonversi untuk bekerja dengan Bluetooth menggunakan adaptor plug-in (dalam bentuk stik USB, kartu laptop PCMCIA, dan sebagainya). Kekuatan pemancar mengatur rentang di mana perangkat Bluetooth dapat beroperasi dan, umumnya perangkat dikatakan termasuk dalam salah satu dari tiga kelas: kelas 1 adalah yang paling kuat dan dapat beroperasi hingga 100 meter, kelas 2 ( jenis yang paling umum) beroperasi sampai 10 meter, dan kelas 3 paling tidak kuat dan tidak jauh melampaui 1 meter.

Cara Kerja Bluetooth

Cara Kerja BluetoothBluetooth mengirim dan menerima gelombang radio di sebuah band dengan 79 frekuensi (saluran) yang berbeda yang berpusat pada 2,45 GHz, terpisah dengan radio, televisi, dan telepon seluler, dan disediakan untuk digunakan oleh industri, sains, dan juga alat medis. Jangan khawatir, Anda tidak akan mengganggu alat pendukung kehidupan seseorang dengan menggunakan Bluetooth di rumah Anda, karena daya pemancar Bluetooth yang rendah tidak akan membawa sinyal Anda sejauh itu. Pemancar jarak pendek Bluetooth adalah salah satu poin plus terbesarnya. Bluetooth menggunakan daya yang sangat kecil, karena mereka tidak melakukan perjalanan jauh, secara teoritis lebih aman daripada jaringan nirkabel yang beroperasi dalam rentang yang lebih panjang, seperti Wi-Fi.

Perangkat Bluetooth secara otomatis mendeteksi dan terhubung satu sama lain, dan sampai delapan di antaranya dapat berkomunikasi dalam satu waktu bersamaan. Mereka tidak saling mengganggu karena masing-masing perangkat menggunakan salah satu dari 79 saluran yang ada. Jika dua perangkat ingin berbicara, mereka memilih saluran secara acak, dan jika itu sudah diambil, beralih secara acak ke salah satu dari yang lain (teknik ini dikenal sebagai spread-spectrum frequency hopping). Untuk meminimalkan risiko gangguan dari peralatan listrik lainnya (dan juga untuk meningkatkan keamanan), kedua perangkat yang terhubung secara terus-menerus mengubah frekuensi yang mereka gunakan-ribuan kali per detik.

Ketika sekelompok yang terdiri dari dua atau lebih perangkat Bluetooth saling berbagi informasi, mereka membentuk semacam jaringan komputer mini ad-hoc yang disebut piconet. Perangkat lain bisa bergabung atau meninggalkan piconet yang ada kapan saja. Satu perangkat (dikenal sebagai master) bertindak sebagai pengontrol keseluruhan jaringan, sementara yang lain (dikenal sebagai slaves) mematuhi instruksinya. Dua atau lebih piconet terpisah juga bisa bergabung dan berbagi informasi yang membentuk apa yang disebut scatternet.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara kerja bluetooth, semoga penjelasan di atas mudah untuk Anda pahami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here