Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama dalam berbagai bidang memang tidak mudah. Terlebih ada banyak sekali ide, gagasan, sekaligus kepentingan yang mungkin sulit untuk mengalah satu sama lain.
Maka dari itu, perlu adanya langkah efektif untuk mencapai kata sepakat. Tidak hanya soal bisnis saja, kehidupan pribadi seperti rumah tangga, juga harus berlandaskan persetujuan dua belah pihak.
Jika masih berjalan masing-masing, target atau cita-cita itu akan sulit terwujud. Pada dasanya kerja sama membuat semua pekerjaan terasa lebih mudah, dan hasilnya jauh lebih baik daripada sendiri.
Cara Membuat Kesepatan Bersama
Sayangnya, sampai saat ini masih banyak pertanyaan bagaimana cara membuat kesepakatan bersama tersebut. Dari awal sudah bagus dan berjalan sesuai rencana, tetapi di pertengahan semua persetujuan tersebut hilang begitu saja.
Kondisi ini wajar saja, karena setiap orang pasti punya kepentingan lain. Terkadang mereka sudah memikirkan kedepannya seperti apa, sehingga sulit menemukan titik temu diantara beberapa ide tersebut.
Jika kondisi ini terjadi kepada Anda sekarang, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini siapa tahu bisa membantu
1. Fokus Pada Tujuan
Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama dengan fokus pada tujuannya dulu. Intinya, Anda bekerja sama ini untuk apa. Supaya bisa naik gaji, atau target akhir tahun terpenuhi agar dapat bonus.
Catat semua tujuan mereka terlebih dulu, kemudian lakukan identifikasi mana yang lebih realistis dengan masalah sekarang. Misalnya, ingin naik jabatan masalah dari ini harus memenuhi target 2x lipat.
Apakah dari identifikasi tersebut realistis untuk dikerjakan, jika tidak cobalah kasih pengertian. Jangan hanya berteori tetapi berikan contoh konkret, agar bisa dipahami dan sedikit lunak dengan mengganti tujuannya.
2. Mencari Informasi Penting
Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama selanjutnya adalah mencari informasi penting. Contohnya, tujuannya adalah mengejar bonus akhir tahun, tulis apa saja yang diperlukan secara lengkap.
Kalau sudah semua, baru kembali identifikasi lagi dengan menjelaskan secara detail. Bagaimana melakukannya, sekaligus apa dampak sekarang dan kedepan baik untuk Anda atau konsumen berdasarkan data serta fakta.
Biasanya, pada fase ini sedikit lebih sulit karena banyak orang mengaku bahwa langkahnya sudah terbukti. Agar lebih mudah mengerucutkan beberapa info menjadi satu tujuan coba lebih diperluas.
Dengan melihat bagaimana kelebihan dan kelemahan tim, produk, serta kompetitor. Dari sini akan terlihat mana yang memang cocok digunakan agar tujuan tersebut dapat terwujud, bisa juga dikombinasikan.
3. Ketok Palu dan Jalankan
Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama berikutnya adalah menjalankan apa yang sudah jadi persetujuan bersama. Jika ada perubahan tetap didiskusikan terlebih dulu agar menemukan solusi paling tepat.
Bila sudah menunjukkan indikasi gagal, bisa mengubahnya ke rencana cadangan. Dengan begini, semua anggota bisa berjalan bersama, walau begitu tetap harus ada pemantauan agar tidak melenceng dari kesepakatan.
Hanya saja, jangan batasi mereka untuk improvisasi. Poin pentingnya adalah komunikasi serta menunjukkan data serta fakta di lapangan seperti apa, tanpa harus keluar dari jalur walau hanya sedikit.
Langkah terakhir, ingatkan setiap hari dan lakukan evaluasi setidaknya satu minggu sekali. Dengan begini, mereka tetap ingat kalau arahan di awal menggunakan rencana A dan belum ada perubahan.
Bila ada yang berbelok arah walau sedikit tetap berikan teguran, termasuk jika caranya berhasil. Karena dalam sebuah tim tidak bisa berdiri sendiri walau berhasil, semua harus didiskusikan, sehingga meminimalkan risiko.
Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama memang tidak mudah, semua harus bisa berpikir secara jernih, selain itu penyampaian argumen tetap harus berdasarkan data dan fakta di lapangan.