Bagaimana Cara Kerja Firewall

0
519
Bagaimana Cara Kerja Firewall

Bagaimana cara kerja firewall? Siapa pun yang menggunakan komputer akhir-akhir ini pasti akan menemukan istilah “firewall” dan mungkin ada yang belum tahu jika firewall ada kaitannya dengan keamanan komputer. Firewall bisa menjadi alat yang efektif untuk melindungi sistem lokal atau jaringan sistem dari ancaman keamanan berbasis jaringan, sementara pada saat yang sama memberikan akses ke dunia luar melalui jaringan area luas dan Internet. Ibaratkan dinding yang memisahkan antara api dan hutan, dengan adanya dinding tersebut maka api tidak akan merambat ke hutan.

Firewall adalah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi/akses pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggap aman dan melakukan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap tidak aman.

Sekarang tidak hanya mencegah dalam mengakses suatu alamat/protokol IP atau port tertentu, tetapi juga menentukan aturan untuk mengakses berbagai jenis control layanan.

Cara kerja firewall dengan menyediakan 4 tipe control :

1. Service Control

Menentukan jenis layanan Internet yang bisa diakses. Salah satu layananya yaitu Packet Filtering dimana firewall akan menyaring paket inbound (paket yang masuk ke dalam jaringan) atau paket outbound (paket yang akan keluar dari jaringan).

Contohnya: Ketika kita menggunakan Wifi dari indihome ataupun Telkom kita tidak dapat mengakses Reddit.com, karena firewall pada jaringan wifi selalu mengecek log pada jaringan keluar dan memblock situs tersebut.

2. Direction Control

Menentukan permintaan layanan tertentu apakah dapat diizinkan untuk dijalankan melalui firewall atau tidak. Biasanya pada komputer kita sendiri, kita dapat mengatur layanan dan aplikasi apa saja yang dapat dijalankan dan diizinkan.

3. User Control

Mengontrol akses ke layanan yang sesuai dengan pengguna yang mencoba mengaksesnya. Fitur ini biasanya diterapkan pada pengguna di dalam parameter lokal (user lokal). Hal ini juga dapat diterapkan pada lalu lintas masuk dari pengguna lain. Biasanya pada pc user control ini digunakan untuk membatasi user lain dalam mengakses atau menjalankan suatu layanan tertentu.

Sebagai contoh:Banyak perusahan memiliki kebijakan penyaringan konten Web berdasarkan informasi dari posisi Karyawan atau departemen tertentu.

4. Behaviour Control

Mengontrol bagaimana layanan tertentu digunakan. Misalnya, firewall dapat memfilter e-mail untuk menghilangkan spam, atau mungkin hanya memungkinkan akses eksternal ke sebagian informasi di server Web lokal. Dimana maksudnya kita dapat mengontrol bagaimana layanan tertentu bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here