Bagaimana Cara Melihat Traffic Website Anda

0
959
Cara Melihat Traffic Website Anda

Bagaimana cara melihat traffic website Anda? Beberapa webiste ini akan membantu Anda untuk melihat traffic website Anda.

Google Analytics

Dengan Google Analytics Anda bisa memantau jumlah pengunjung, sumber trafik, perangkat yang diguanakan untuk mengakses web Anda, lokasi, share di media sosial, conversion rate, dan arus pengunjung. Ada banyak juga detail-detail lain yang disediakan Google Analytics untuk menganalisa hard-core yang perlu diketaui seperti ukuran layar dari mobile apps pengunjung. Tentu saja, program ini juga berkaitan dengan program Google AdWords dan Google AdSense.

Kekurangannya, Google Analytics cukup kompleks sehingga untuk mempelajari semua fiturnya secara full menjadi tantangan tersendiri. Keluhan lain yang umum adalah statistik real-time-nya tidak responsif seperti seharusnya. Dan beberapa pengguna menyatakan ketidaknyamanannya karena Google tidak mengumpulkan semua data ini semata-mata untuk kepentingan pengguna.

Histats

Cara Melihat Traffic Website

Histats.com juga salah satu situs website penyedia data analitik untuk memonitor aktifitas para pengunjung di blog Anda. Anda bisa memantau berapa pengunjung yang mengunjungi blog Anda dalam sehari, seminggu, sebulan, bahkan setahun, atau lebih. Aplikasi Histats juga memberikan rincian data lainnya seperti seberapa sering pengunjung tertentu mengunjungi situs Anda, halaman yang paling populer (views), dan lokasi/negaara asal visitor web Anda.

Histats ini gratis dan paling disukai di Indonesia karena tampilannya bersahabat, sederhana, dan mudah dipahami pengguna perorangan. Salah satu kelebihan Histats adalah statistik real-time yang lebih responsif daripada Google Analytic dimana data harian diperoleh sehari sesudahnya.

Piwik

Selain menggunakan Google Analytics, bagaimana cara melihat traffic website, Anda bisa juga menggunakan Piwik. Piwik adalah program web analitik open-source dan self-host yang sering disebut-sebut sebagai alternatif Google Analytics bagi mereka yang tidak yakin terhadap bagaimana Google mungkin menggunakan data pelanggannya. Seperti Google Analytics, ini adalah platform gambaran umum yang berfokus pada pengunjung: dari mana asalnya dan apa yang mereka lakukan saat berada di situs Anda. Ini berguna untuk semua jenis situs, baik itu e-commerce, content-driven, sistem intranet, atau situs pemerintah. Anda dapat menginstal Piwik di server Anda sendiri.

Kelemahan Piwik yang disebutkan orang berkaitan dengan informasi real-time dan pelacakan waktu. Data pengunjung real-time tersedia, tapi tidak terlalu rinci. Selain itu, tidak ada cara untuk mengetahui berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda, hanya tersedia data mereka melihat beberapa halaman.

Cara Melihat Traffic Website Pesaing Menggunakan SEMRush

Selain melihat traffic website Anda sendiri, Anda juga bisa tahu bagaimana cara melihat traffic website orang lain. SEMRush (“SEM” adalah singkatan dari “Search Engine Marketing”) berfokus pada persaingan Anda, seperti persaingan SEO. Keistimewaannya adalah riset kata kunci yang komprehensif. Dengan basis data lebih dari 100 juta kata kunci, SEMRush dapat memberi Anda sejumlah informasi mengejutkan untuk banyak sekali situs web. Cukup ketikkan URL sebuah website, dan Anda akan mendapatkan daftar kata kunci beserta bagan stat-loaded yang memberi tahu Anda berapa banyak trafik yang didapatkan website tersebut untuk setiap kata kunci dan peringkat website tersebut di mesin pencari.

Dengan menggunakan informasi dari SEMRush, Anda dapat memantau situs Anda dan memata-matai pesaing Anda. Membandingkan hasil kata kunci dalam penelusuran organik dan berbayar, mempelajari strategi pemasaran pesaing Anda, cari tahu berapa banyak yang dibelanjakan untuk iklan, perhatikan perubahan posisi harian mereka, dan temukan calon pesaing lainnya berdasarkan kata kunci yang bersaing dengan situs Anda. Sayangnya, SEMRush harganya tidak murah, harga berkisar antara $99.95 sampai $399.95 per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here